Ads 728 x 90

Renovasi Rumah - Tips Hemat

 

 Renovasi Rumah

ilustrasi-renovasi-rumah
Ilustrasi Renovasi Rumah

Sebagai bagian dari upaya perawatan bangunan rumah tingggal, renovasi rumah merupakan hal yang tak terelakan.Sekecil apapun, rumah memerlukan renovasi untuk mempertahankan kenyamanan dan keamananya.Terlebih jika terjadi kerusakan pada bangunan yang mengganggu aktivitas dan kenyamanan para penghuni yang tinggal di dalamnya. Dalam skala yang besar, renovasi rumah banyak dilakukan oleh para pemilik rumah untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga di dalam rumah. Namun, begitu banyak dan luasnya lingkup renovasi membuat kegiatan ini terasa rumit dan melelahkan.

Merenovasi rumah tidak selalu harus dengan mahal, semua tergantung dengan kepandaian kita menyesuaikan prioritas dengan budget serta mengelola perencanaan dan pembangunanya. Dengan demikian, kita akan puas terhadap setiap anggaran yang kita keluarkan setelah melihat hasilnya. Hampir setiap orang menginginkan pembangunan rumah dengan biaya yang terjangkau dan hasilnya bagus. Namun, dari hari ke hari biaya terus mengalami kenaikan.

Berikut ini adalah tips hemat bagi anda yang ingin melakukan renovasi rumah :

1. Lakukan Perencanaan Renovasi
Jika anda berencana me-renvovasi rumah ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Apakah anda sekeluarga akan merenovasi sedikit, sebagian atau seluruh rumah mau tidak mau harus melewati proses melelahkan ini. Buat perencanaan yang matang.

2. Tentukan Tujuan Renovasi 
Renovasi berutujuan untuk  memperbaiki bagian rumah yang rusak, mengembalikan atau mengubah, dan menambah fungsi semula ruangan atau rumah secara keseluruhan. Tentukan segera apakah anda inigin renovasi kecil, sedang atau bahkan renovasi total.

3. Tentukan Kategori Renovasi 
Renovasi rumah tinggal (secara berjenjang dari kategori berat sampai yang paling ringan)dapat dilakukan terhadap fisik bangunan dengan merubah, memperbaiki, atau menambah struktur. Juga termasuk didalamnya penataan ulang komposisi ruangan, pengganti elemen interior, pengganti warna cat tembok dan keramik.

4. Merencanakan Anggaran 
Hitunglah dengan cermat kemampuan finasial anda untuk renovasi ini, apakah sudah mencukupi atau masih kurang. Apabila dana masih kurang, pikirkan bagaimana anda akan menalangi kekurangan tersebut. Dalam penetapan prioritas inilah anda dapat memperhitungkan jenis renovasi yang sanggup dilakukan, sebatas renovasi kecil atau merenovasi total dengan cara bertahap.

5. Ketahui hal-hal yang perlu didesain
Jika anda bermaksud merenovasi sebagian besar atau keseluruhan rumah, yang paling penting anda desain tentu gambar lay out atau garis besar desain bangunan utama dari lahan yang ada. Anda juga perlu membuat skala yang benar agar sesuai atau proporsional ketika akan dibangun. Gambar rencana yang wajib dipersiapkan adalah denah, tampak dan potongan bangunan serta detail ornamenatau bentuk khusus yang nantinya akan dipakai sebagai penentu jenis gaya bangunan. Apabila anda berniat merenovasi bangunan secara keseluruhan, maka gambar pelengkapanya adalah sebagai berikut :
  • Desain atap
  • Desain pola lantai
  • Desain platfon dan titik lampu
  • Desain pintu jendela
  • Desain kelistrikan termasuk penataan lampu dan saklar
  • Desain saluran air kotor dan air bersin
  • Desain taman dan sumur resapan
  • Detail kuda-kuda
  • Detail pondasi
Semakin lengkap gambar desain rancang bangun anda maka akan semakin baik.




























Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Renovasi Rumah - Tips Hemat"

Back To Top